Cara Membuat Empal Daging Simple dan Menyehatkan

Kita bisa mempraktekkan cara membuat empal daging yang enak dan sederhana di rumah sebagai sajian. Empal atau daging goreng yang sering disebut gepuk merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Cita rasa kuliner olahan daging sapi bisa dibuat gurih, manis atau pedas dan manis sesuai selera.

Karena rasanya yang khas dan enak, daging empal sering dihidangkan di pesta, untuk nasi kotak, untuk hidangan lebaran, atau untuk nasi tupeng. Namun sebenarnya lauk ini juga cocok untuk hidangan sehari-hari.

Daging sapi sangat cocok untuk pembuatan empal, karena empal daging sapi ini memiliki rasa yang cukup berkesan dengan rasa yang manis, gurih, lembut dan tentunya rasa yang enak.

Cara Membuat Empal Daging Simple ENAK

Bahan Utama:

  • Daging sapi segar ½ kg
  • Santan 700 ml
  • 3 lembar daun salam
  • Asam ½ sdt
  • Air 50 ml
  • Minyak secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 10 biji bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 2 cm lengkuas
  • Garam ½ sdt
  • 2 sdt gula merah
  • Serai

Cara memasak:

  1. Sebelumnya Anda harus merebus daging hingga empuk
  2. Setelah itu angkat dan potong kecil-kecil daging sapi dengan menggunakan mesin pemotong daging. Kemudian kocok hingga dagingnya rata
  3. Kemudian rebus santan anda dan tambahkan bumbu yang telah dihaluskan, air asam jawa dan daun salam. Selanjutnya aduk agar santan tidak pecah.
  4. Kemudian tambahkan daging sapi pipih, masak hingga santan mengental dan mengering
  5. Kemudian goreng daging sapi Anda.
  6. Empal siap disajikan.
  7. Tips dari kami : Untuk membuatnya lebih cantik bisa menambahkan nilai gizi dan vitamin kita bisa menambahkan sayuran seperti sawi, tomat dan paprika dan taburan bawang goreng.

Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh Kita

1. Kaya Protein dan Zat Besi

Protein hewani yang terdapat pada daging sapi berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, sehingga meningkatkan fungsi otak. Sedangkan zat besi berperan sebagai agen pengikat oksigen dalam tubuh, membantu metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

2. Dapat Mencegah Stroke dan Diabetes

Sel saraf dalam tubuh membutuhkan banyak oksigen. Konsumsi daging sapi secara teratur dan penanganan yang tepat dapat memenuhi kadar insulin, sehingga dapat terhindar dari risiko diabetes.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Nutrisi dan nutrisi pada daging sapi sangat baik untuk semua orang, terutama mereka yang aktif. Karena dapat meningkatkan sistem imun atau sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Menjaga berat badan ideal

Daging sapi mengandung banyak protein. Sangat disarankan untuk makan daging bagi orang-orang yang mengikuti diet, karena kalori yang dibakar oleh protein dapat meningkatkan metabolisme dan menekan rasa lapar. Pilih daging sapi tanpa lemak atau tanpa lemak, karena diet ini bekerja paling baik.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Protein dalam daging sapi dapat mempercepat penyembuhan luka. Salah satu penyebab paling umum dari infeksi luka adalah penyumbatan pengiriman oksigen ke jaringan yang rusak. Kekurangan mineral dapat memenuhi kebutuhan dan perbaikan jaringan. Mineral berperan dalam penyembuhan, karena pengaruhnya terhadap oksigen melalui darah.

6. Membantu Kerja Jantung

Dengan porsi yang pas, daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk kesehatan jantung. Makan daging sapi dengan olahan yang tepat, seperti direbus atau dibakar, bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan mineral dan nutrisi pada daging sapi dapat membantu meremajakan kulit agar tidak kusam, menghilangkan flek hitam di wajah, dan mencegah penuaan dini. Zat anti kanker pada daging sapi juga mampu mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kulit.

Nah Itulah Cara Membuat Empal Daging yang Simple akan tetapi Pastinya Enak, Bisa kita praktikan dirumah, Selamat mencoba dan semoga berhasil. Dan jika Ac Anda di rumah bermasalah bisa service ac rutin di service ac jogja. Sekian dan terimakasih.