Mengenal Tentang Pemeriksaan Spirometri

Pernafasan merupakan salah satu sistem yang penting yang menunjang kehidupan manusia. Salah satu organ yang mengambil peran utama dalam sistem ini adalah paru – paru. Seiring berjalannya waktu, bisa jadi paru – paru mengalami gangguan. Baik faktor dari luar ataupun dari dalam. Oleh karena itu pemeriksaan spirometri terkadang perlu dilakukan meskipun pada orang dengan tanpa gejala. Ap aitu pemeriksaan spirometri, kita akan bahas pada kesempatan yang singkat ini.

Pengertian Spirometri

Pemeriksaan spirometri adalah sebuah treatment pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kinerja fungsi paru – paru secara menyeluruh. Dari pemeriksaan ini didapat sebuah nilai yang bisa digunakan untuk mendiagnosis ada tidaknya gangguan paru-paru atau penyakit paru yang sedang diderita. Alat yang digunakan dalam pemeriksaan ini disebut dengan Spirometer.

Tujuan Pemeriksaan Spirometri

Dari pengeritan diatas kita sudah bisa sedikit mengetahui tujuan pemeriksaan spirometer. Berikut beberapa tujuan lain dari pemeriksaan spirometeri ini.

Menilai fungsi faal paru (fungsi kerja paru)

Dapat mendiagnosis penyakit yang bisa jadi diderita dimana mendatang

Memantau kinerja obat paru

Melakukan pemantauan terhadap kondisi penyakit paru, apakah mengalami perbaikan atau tidak

Prosedur Pemeriksaan Spirometri

Pemeriksaan spirometri bisa dikatakan tidaklah sulit, bahkan cukup mudah karena pengambilan sample dilakukan dengan menghembuskan nafas dengan kencang pada sebuah mouthpiece yang terhubung pada alat spirometer. Biasanya pasien akan mengenakan penutup hidung dalam proses pemeriksaan. Hal ini bertujuan agar udara yang ditiupkan maksimal dan tidak keluar dari hidung.

Hasil Pemeriksaan

Sepertihalnya pemeriksaan kesehatan lainnya, pemeriksaan spirometri pun memiliki hasil yaitu berupa grafik yang menunjukkan nilai beberapa parameter ukur seperti FVC  dan juga VEF1 serta VC yang disajikan dalam bentuk prosentase. Dari hasil tersebut dokter bisa menarik ksesimpulan tentang kondisi paru – paru pasien dan juga ada tidaknya penyakit yang dideritanya.

Demikian informasi singkat yang bisa kami sajikan di ruang baca anda sekalian. Semoga, ulasan singkat ini dapat menambah sedikit manfaat dan pengetahuan untuk kita sekalian. Sekian, selamat beraktifitas kembali dan semoga sehat selalu.