Simak Strategi Memasarkan Produk untuk Pemula!

Kegiatan memasarkan sebuah produk menjadi salah satu strategi yang penting dilakukan perusahaan karena kegiatan ini yang menjadi kunci ataupun tombak perusahaan agar produk yang kamu miliki semakin dikenal oleh masyarakat luas yang akan berdampak pada keuntungan yang didapat perusahaan kamu.

Memasarkan produk ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan, baik melalui sistem yang konvensional maupun digital. Era teknologi seperti ini sistem pemasaran dilakukan dengan menggunakan sistem digital seperti menggunakan pendekatan sosial media marketing ataupun melalui website. Penggunaan teknologi yang canggih dapat memaksimalkan pengeluaran kamu tapi di sisi lain kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang optimal.

Masing-masing perusahaan memiliki karakteristiknya untuk menentukan strategi pemasaran mana yang sekiranya cocok untuk digunakan. Jika kamu adalah seorang pemula yang akan memasarkan produk kamu sebaiknya simak beberapa strategi ini untuk membantu kamu memaksimalkan keuntungan perusahaan, yaitu.

  • Lakukan riset pasar

Dengan kamu melakukan riset pasar kamu jadi lebih mengetahui bagaimana keadaan pasar yang kamu tuju, dengan melakukan ini juga akan membuat kamu mengetahui lebih dalam mengenai kondisi konsumen kamu. Kamu sebaiknya mengenal dengan detail segmentasi pasar yang akan dibidik, jika kamu belum paham uang yang kamu gunakan untuk melakukan strategi pemasaran hasilnya juga tidak akan baik.

  • Digital marketing

Di era dimana teknologi saat ini sudah sangat berkembang, kamu sebaiknya menggunakan pendakatan ini. Selain budget yang dikeluarkan juga tidak begitu besar dengan menggunakan strategi ini kamu dapat mencapai target yang lumayan luas. Strategi yang digunakan dalam marketing digital ini ada SEO, SEM, Content Marketing, SMM dan Dasar Pemrograman.

Kamu bisa mencocokan produk kamu dengan strategi-strategi yang ada di atas, tapi sebaiknya dalam memasarkan produk gunakanlah strategi social media marketing karna kebanyakan orang saat ini aktif menggunakan media sosial. Kamu dapat menggunakan platform apa saja, bisa Instagram, Facebook, Website, Twitter atau LinkedIn.

  • Jalin hubungan baik dengan konsumen

Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen ini akan berpengaruh dalam jangka waktu yang panjang untuk bisnis kamu, karena mereka ada kemungkinan untuk melakukan repurchase produk kamu juga. Caranya yaitu kamu sebaiknya menanggapi feedback mereka dengan baik dan mendengarkan masukan serta lakukan implementasinya pada produk kamu dengan begitu mereka akan percaya produk kamu ini memiliki kualitas yang baik.

  • Adaptasi dengan tren

Perubahan adalah sesuatu hal yang abadi, jika kamu tidak mengikuti perubahan yang ada kamu akan kalah dengan kompetitor di industri yang kamu geluti karena kamu akan ditinggal dengan konsumen-konsumen mu. Coba terus berinovasi dengan produk yang kamu buat kenali dan pelajari juga selera konsumen saat ini untuk catch the opportunity.


Seperti itulah strategi pemasaran bagi kamu yang belum atau ingin mencoba berbisnis.  Perhatikan dan rencanakan setiap detailnya dan jangan menyerah.

Ingin berita menarik lain? Klik disini