Tahap-tahap Perkembangan Anak Usia 0-5 tahun

Tahap-tahap Perkembangan Anak Usia 0-5 tahun

Pertumbuhan anak ialah suatu yang berarti buat diiringi. Pertumbuhan anak meliputi banyak aspek mulai dari pertumbuhan raga( berat serta besar tubuh), pertumbuhan mental dan berat badan anak, sampai mempunyai keahlian baru di tiap tahapan umur. Watak pertumbuhan anak merupakan bertahap dan berentetan, serta pertumbuhan tadinya jadi dasar untuk berikutnya.

Proses pertumbuhan ini berarti untuk anak paling utama buat umur 0- 5 tahun, sebab apabila terdapat keterlambatan ataupun kelainan pada pertumbuhan anak hendak berakibat kurang baik untuk masa depan anak. Hingga dari itu butuh mengenali tahap- tahap pertumbuhan anak. Metode memantaunya tidak cuma mengukur besar tubuh ataupun berat tubuh, namun pula memantau keahlian motorik, bahasa, dan emosi anak.

Sepenuhnya bisa disimak pada pembahasan menimpa tahap- tahap pertumbuhan anak sampai umur 5 tahun di dasar ini.

Umur 3- 4 bulan

Pada umur ini, biasanya anak hendak mulai mengamati wajah orang serta menjajaki pergerakan benda- benda. Anak pula telah mulai mengidentifikasi orang serta barang yang sering di dengar, tersenyum kepada orang lain, bermain bersama orang lain, meniru gerakan serta ekspresi wajah, menoleh ke arah sumber bunyi, dan mulai menghasilkan suara ocehan.

Umur 6- 7 bulan

Di umur 6- 7 bulan, anak hendak telah mulai bisa merespons emosi orang lain serta bahagia bermain bersama pengasuhnya. Dikala terpanggil dengan namanya, anak pula telah bisa membagikan asumsi. Tidak hanya itu, pada umur ini, biasanya anak mulai menampilkan rasa penasaran dengan mengamati area dekat, berupaya mengambil beberapa barang yang diletakkan agak jauh, ataupun memasukkan benda- benda ke mulut. Secara emosi, anak telah bisa menampilkan perasaannya( bahagia ataupun tidak) dengan menghasilkan suara- suara yang khas.

Umur 1 tahun

Pada ulang tahun pertamanya, anak biasanya telah bisa mengucapkan kata tunggal semacam mama ataupun papa. Anak pula bahagia meniru perkata orang lain, merasa malu ataupun khawatir dengan orang asing, menangis apabila ditinggal oleh orangtua serta penjaga, dan telah bisa menunjuk benda- benda. Bila dimohon buat melaksanakan hal- hal simpel, semacam mengambil mainan, anak telah bisa melaksanakannya dengan benar. Bila nama suatu barang diucap, anak telah bisa menunjuk ataupun memandang ke arah barang yang diartikan.

Umur 2 tahun

Anak berumur 2 tahun bahagia meniru kegiatan serta aksi orang lain. Dia pula mulai bahagia bermain bersama dengan sahabat sebayanya. Perbendaharaan kata terus menjadi meningkat serta telah mulai bisa merangkai 2- 4 kata buat membentuk suatu kalimat. Anak pada umur ini pula telah bisa menyusun barang cocok wujud serta corak, mengenali nama ataupun panggilan orang serta barang di sekitarnya, dan telah bisa melaksanakan perintah simpel dengan pas.

Umur 3 tahun

Di umur 3 tahun, anak telah bisa menampilkan rasa sayang serta atensi terhadap orang di sekitarnya. Anak pula telah mempunyai banyak emosi yang bermacam- macam, bisa berpakaian sendiri, bisa mengatakan nama- nama benda- benda di sekitarnya, bisa diajak bercakap- cakap serta menguasai isi obrolan dengan lumayan baik, dan mulai menguasai konsep jumlah.

Umur 4 tahun

Tiba umur 4 tahun, anak telah bisa berkolaborasi dengan sahabat serta lebih bahagia bermain bersama sahabat dibanding dengan bermain sendiri. Anak pula telah bisa mengucapkan kalimat panjang, berdialog dengan jelas, menguasai konsep sama/ berbeda, bisa berhitung, bahagia berimajinasi, dan mulai bisa menyanyikan lagu- lagu yang dikenalnya.

Umur 5 tahun

Pada umur ini, anak mulai mau semacam temannya serta jadi lebih mandiri. Anak pula mulai suka menyanyi, menari, serta berakting. Dikala berdialog, tutur katanya telah jelas dengan kalimat yang panjang serta berstruktur. Anak pula telah bisa menulis angka serta huruf dan menggambar bentuk- bentuk geometri.