Tips Berhemat saat Sudah Punya Anak!

Perkara membesarkan anak bukanlah hal yang mudah karena membesarkan ini membutuhkan dana yang cukup besar, mulai dari dana pendidikan, dan lain-lain. Berikut ini merupakan tips yang dapat kamu lakukan untuk berhemat dan bisa menggunakan dana dengan lebih bijak lagi.

  1. Perketat penggunaan uang

Menggunakan uang ini mesti bijak ya, jangan boros dan hiduplah sesuai kemampuanmu, kamu bisa menyisihkan penghasilan kamu dengan memasukkannya ke dalam tabungan yang terpisah, karena jika tercampur kamu akan mengeluarkan uang lebih banyak.

  1. Menyusun anggaran dengan mudah dan menyenangkan

Proses menyusun anggaran ini menjadi bagian yang teramat sangat penting untuk dilakukan, kamu bisa menyusun atau membuat proses penganggaran ini secara sederhana agar tidak terlalu kamu anggap sebagai beban ya. Coba terapkan prinsip 4-3-2-1, yaitu belanja tidak lebih dari 40% untuk meminjam uang serta belanja tidak lebih dari 30% untuk melakukan pengeluaran rutin, 20% dimasukkan ke dalam tabungan dan terakhir 10% untuk perlindungan asuransi.

  1. Bedakan kebutuhan dengan keinginan

Perbedaan antara kedua hal ini termasuk cukup tipis, karena terkadang kita lebih mementingkan memenuhi keinginan terlebih dahulu daripada kebutuhan apalagi ketika kita memiliki uang dalam jumlah cukup banyak, kemungkinan kita akan sangat kalap dan menjadi konsumtif.

  1. Buat evaluasi dan penilaian

Dengan kamu memiliki catatan anggaran pengeluaran itu sama dengan kamu telah memiliki perencanaan yang tepat, karena ketika kamu memiliki anggaran kamu akan lebih mudah untuk melakukan pengecekan serta evaluasi terhadap pengeluaran kamu selama sebulan. Kamu bisa melihat di bagian mana yang kamu perlu berhemat lagi dan dibagian mana juga yang bisa kamu cut pengeluarannya.

Memiliki anak memang memerlukan dana-dana yang cukup besar, hal ini dilakukan agar masa depan anak juga lebih cemerlang dan tidak kekurangan karena kita sebagai orang tua pasti menginginkan  yang terbaik untuk anak-anaknya. Jika saat ini kamu masih belum menikah atau akan menikah kamu bisa mulai mengatur anggarannya dari sekarang lho. Simak artikel menarik lainnya disini.

Aplikasi rekomendasi saham terbaik, klik disini